Tafsiran Ilmu Murni kitab Yeremia
Nama : Zetro Panggabean
Tingkat/ Jurusan : II-C
M. Kuliah : Hermeneutik PL
Dosen : Dr. Jontor
Situmorang
Tafsiran Ilmu Murni
Nehemia 12: 27-31
I.
Pendahuluan
Kitab
Nehemia dan Ezra sebenarnya merupakan satu kitab. Keduanya menjadi satu-satunya
sumber Alkitabiah tentang sejarah Israel pada periode tersebut. Selain itu,
sosok Nehemia sendiri merupakan teladan pemimpin yang senantiasa memelihara
imannya ketika menghadapi kesukaran. Bagian pertama kitab Nehemia bercerita
tentang Nehemia yang pulang ke Yerusalem untuk melaksanakan tugas membangun
tembok dan pintu gerbang Yerusalem hingga kepada pentahbisan Tembok Yerusalem.
Kisah ini akan dikupas lebih lagi menggunakan metode tafsir Ilmu Murni.
II.
Pembahasan
2.1. Pengertian Metode Ilmu-Ilmu
Murni
Metode
ilmu murni merupakan tulisan Alkitab
yang berakar dalam kelompok interaksi bangsa yang diorganisasikan dalam
struktur sosial yang diawasi oleh aspek utama dari kehidupan umum.[1] Dalam menafsir konteks sangat
penting, konteks yang terjadi pada masa itu menjelaskan tentang sesuatu hal
yang menyangkut kehidupan pada masa kini.
Maka
kontekstualisasi adalah suatu refleksi ide dari setiap orang Kristen menghadapi
firman yang sesungguhnya di dalam rangka berbagai konteks kehidupan baik itu
dari segi sosial,
politik, ekonomi, agama dan budaya.[2]
2.2.Keunggulan
dan Kelemahan Metode Ilmu-ilmu Murni[3]
2.2.1. Keunggulan:
1.
Memberikan
suatu frustasi umum dengan prestasi terbatas dari paradigma religious dan
kritik historis.
2.
Untuk
mengubah objek studi dalam alkitab menyediakan jalan masuk untuk menyediakan
dimensi dimensi dari tulisan-tulisan yang dirasakan menjadi sangat perlu
terhadap pengertian sepenuhnya dari Alkitab Ibrani.
3.
Paradigma
ilmu sosial mengubah perhatian dari sejarah dan agama melalui konsentrasi pada
Alkitab Ibrani sebagai suatu sisa dari dunia-sunia sosial.
4.
Sebagai
tambahan, isi, struktur dan perkembangan lintasan sistem sosial.
2.2.2. Kelemahan:
1.
Penafsiran
terhadap satu teks dengan metode ilmu murni kadangkala membuat proses pembacaan
semakin sulit.
2.
Alkitab
dipahami sebagai sejarah sosial manusia.
2.3. Pengertian Kitab Nehemia
Nehemia
berasal dari bahasa Ibrani yaitu” Nehemiyah” yang berarti “kesenangan dari
Allah”. Kitab Nehemia merupakan bagian dari kumpulan kitab sejarah yang ke-2
setelah kitab 1&2 Tawarikh.[4] Kitab
ini termasuk dalam salah satu dari tiga kumpulan besar Kitab Suci Ibrani yang
mengisahkan peristiwa-peristiwa beruntun dalam sejarah Israel. Kumpulan pertama (Kejadian-Bilangan) menceritakan periode pertama
sejarah manusia sampai ketika bangsa Israel bersiap memasuki tanah Kanaan.
Kumpulan kedua mengisahkan tentang bangsa Israel dari saat mereka memasuki Tanah
Perjanjian sampai pada masa
pembuangan Babel. Kumpulan ketiga (Kitab Tawarikh, Ezra–Nehemia) mengisahkan tentang bagian
akhir dari kisah Israel pada masa kebangkitan Raja Daud sampai usaha
rekonstruksi sesudah pembuangan.[5]
2.4. Latar Belakang Penulisan Kitab
Nehemia
Sejarah
Israel setelah pulang ke Yerusalem dari pembuangan di Babel sudah dimulai dalam
kitab Ezra. Selain melanjutkan sejarah tersebut, kitab Nehemia juga secara khusus
memuat cerita mengenai pembangunan kembali tembok Yerusalem, daftar kembali
orang-orang yang kembali ke Yerusalem, dan janji orang Israel untuk beribadat
dan tetap setia kepada Allah Israel.[6]
Dalam
bulan Kislew tahun ke-20 pemerintah Artahsasta, Hanani, saudara laki-laki
Nehemia, tiba di Yerusalem bersama dengan rombongan orang Yehuda untuk
memberitahukan kepadanya bahwa penduduk Yehuda berada dalam kesukaran besar dan
tembok Yerusalem tinggal reruntuhan. [7]
Nehemia
datang di Yerusalem pada tahun 445 sM, jadi sisa bangsa Yahudi sudah lebih dari
90 tahun menduduki Yehuda. Zerubabel dan orang-orang seangkatannya telah
meninggal, diganti dengan generasi baru. [8]
Pada
saat itu keadaan susila dan rohani di tanah Yehuda jauh daripada memuaskan.
Para penghulu, penguasa, imam, orang Lewi dan rakyat sebagian besar menikah
dengan perempuan asing penyembah berhala. Apabila hal ini tidak dicegah, sisa
bangsa Yahudi akan bercampur dan bersatu dengan bangsa Kafir di Palestina yang
lebih besar jumlahnya itu.[9]
Nehemia
adalah seorang Yahudi yang sangat mencintai dan setia kepada Allah Israel.
Karena itu, tidak mengherankan kalau dia begitu sedih ketika mendengar bahwa
tembok-tembok Yerusalem dan pintu gerbang kota suci “Yerusalem” tinggal
reruntuhan saja. Dengan dukungan Artahsasta, Nehemia pulang ke Yerusalem.
Sekalipun harus menghadapi banyak perlawanan, ia terus mengawasi dan memimpin pembangunan
kembali tembok-tembok dan pintu gerbang kota Yerusalem.[10]
Tatkala
Nehemia datang, pagar tembok masih berupa reruntuhan, dan bangsa itu masih
diolok-olokkan oleh bangsa lainnya. Adanya bahaya kelaparan (5:3); orang-orang
miskin menggadaikan anak-anaknya kepada bangsa yang kaya raya (5:5); hari-hari
sabat dan persembahan-persembahan korban tidak ditepati (pasal 10). Inilah
latar belakang kitab ini.[11]
2.5. Penulis dan Waktu Penulisan
Mengenai
penulis kitab ini, sangatlah jelas bahwa penulisnya ialah Nehemia sendiri.
Alasannya ialah yang pertama, di dalam penulisannya memakai kata “aku” yang
mengatakan bahwa Nehemia sendirilah penulisnya (pasal 1-7; 12:27; 13:31).
Kedua, daftar keturunan sisa bangsa Yahudi pada penghabisan (psl. 7) tentulah
disalin dari daftar resmi yang dibuat sebelum itu, sedang daftar dalam pasal 12
sepertinya ditulis oleh Nehemia sendiri, lalu ditambah oleh orang lain yang
hidup kemudian dari padanya. Maka tentulah Nehemia adalah penulis sebagian
besar kitab itu.[12]
Sedangkan waktu penulisan dari kitab ini kira-kira selesai pada tahun 432 sM.[13]
2.6. Struktur Kitab
Struktur
Kitab Nehemia Menurut Smart Book of Christianity Perjanjian Lama:[14]
·
Berita baik tentang Yerusalem Neh. 1:1-4
·
Doa Nehemia Neh. 1:5-11
·
Nehemia mendapat kuasa Neh. 2:1-10
·
Nehemia di Yerusalem Neh. 2:11-20
·
Pembangunan Tembok hingga selesai Neh. 3:1-32; 4:1-23; 5:1-6
·
Orang-orang buangan yang kembali Neh 7
·
Ezra membacakan hukum Neh. 8:1-18
·
Pembaruan Perjanjian Neh. 9
& 10
·
Rakyat yang terlibat dan desa yang
terdaftar Neh. 11:1-36
·
Para imam bangsa lewi Neh. 12:1-26
·
Peresmian Tembok Neh. 12 & 13
Struktur Kitab Nehemia
menurut Alkitab Edisi Studi:[15]
·
Nehemia Pulang dan Membangun Tembok Yerusalem
(1:1 - 7:73)
ü Nehemia
dan Tugasnya (1:1-2:10)
ü Nehemia
mengawasi pembangunan kembali Yerusalem (2:11-7:73)
·
Komunitas baru di atas Dasar
Perjanjian-perjanjian sebelumnya (8:1-10:39)
ü Ezra
mengajar Umat (8:1-18)
ü Tanggapan
Umat (9:1-10:39)
·
Pekerjaan Nehemia Berlanjut (11:1-13:31)
ü Yerusalem
Dihuni Kembali (11:1-12:26)
ü Penahbisan
yang penuh sukacita (12:27-12:43)
ü Pembaharuan
Nehemia yang Terakhir (12:44-13:31)
Keputusan:
Penafsir
memilih Struktur Kitab Nehemia menurut Smart Book of Christianity Perjanjian
Lama karena isinya lebih jelas, terperinci dan lebih mudah untuk dipahami.
2.7. Tujuan
Penulisan
Nehemia
menguraikan tentang pemulihan secara politik dan geografis di Yehuda. Kitab
Nehemia, berfungsi sebagai lanjutan yang alami dari kitab Ezra dan bukan sesuatu
yang mengejutkan apabila kedua kitab tersebut dipandang sebagai satu kesatuan
selama berabad-abad. Nehemia juga ditulis untuk menunjukkan bahwa campur tangan
Tuhan nyata untuk menetapkan umatNya di tanah air mereka sesudah pembuangan. Di
bawah kepemimpinan Nehemia umat Israel menyelesaikan pekerjaan mereka hanya
dalam waktu 52 hari setelah terlantar seama 94 tahun sejak kepulangan pertama
dipimpin oleh Zerubabael. Dengan iman yang taat mereka mampu mengatasi berbagai
tantangan yang semula tampaknya tidak mungkin.[16]
Tujuan yang lainnya adalah untuk menunjukkan apa yang dilakukan Allah demi kaum
sisa melalui kepemimpinan yang saleh dari Ezra dan Nehemia selama tahap ketiga
dari pemulihan pascapembuangan.
2.8.
Ciri-ciri Kitab Nehemia[17]
a. Kitab
ini mencatat peristiwa-peristiwa terakhir dalam sejarah PL orang Yahudi sebelum
tiba masa intertestamental
b. Kitab
ini memberikan latar belakang sejarah bagi Malekahi, kitab PL terakhir, karena
Nehemia dan Ezra hidup sezaman.
c. Nehemia
adalah contoh yang bagus di Alkitab dari seorang pemimpin saleh dalam
pemerintahan: orang bijaksana, berprinsip, berani, integritas tak tercela, iman
yang kokoh, belas kasihan bagi yang tertindas, dan sangat berbakat besar dalam
kepemimpinan dan organisasi. Sepanjang masa baktinya selaku Gubernur, Nehemia
tetap jujur, rendah hati, bebas dari keserakahan, mengorbankan diri, dan tidak
bercela dalam kedudukan atau kuasanya.
d. Nehemia
adalah salah satu contoh PL terkemuka dari seorang pemimpin yang mengandalkan
doa. Tidak kurang dari 11 kali dikisahkan bagaimana dia memanjatkan doa atau
doa syafaat kepada Allah. Ia seorang yang melaksanakan tugas-tugas yang
nampaknya mustahil karena ketergantungannya yang mutlak kepada Allah. Kata ini
menggambarkan dengan jelas bahwa doa, pengorbanan, kerja keras serta kegigihan
bekerja sama dalam mewujudkan visi yang diberi oleh Allah.
A.
Pembangunan adalah pekerjaan umat Tuhan
selama hidupnya. Membangun manusia seutuhnya baik rohani dan fisik.
Keterlibatan gereja dalam percepatan pembangunan fisik justru dapat
meningkatkan pertumbuhan iman dan rohani umat.
B.
Tugas dan tanggung jawab pembangunan
adalah tanggung jawab umat yang telah melihat dan merasakan pemeliharaan Tuhan
tanpa membedakan status dan jabatan. Nehemia adalah awam yang melihat tanggung
jawab pembangunan umat adalah tanggung jawabnya sebagai umat Tuhan.
C.
Walaupun Nehemia adalah ahli politik
namun jelas terlihat bahwa kekuatannya dalam memotivasi pembangunan adalah
pemeliharaan Tuhan sebagaimana pemeliharaan umat Israel dalam kitab Musa. Sejarah
pembangunan ini merupakan tindak lanjut pemeliharaan Allah dalam penyelamatan
Israel dari Mesir dan diperjalanan padang gurun.
D.
Umat Allah yang baru harus terus
berjuang memperbaiki kehidupannya termasuk juga secara politik dan ekonomi.
Namun orientasi umat tersebut jelas bukan pada suku atau bangsa tetapi sebagai
warga Allah. Pembangunan tembok bukan simbol kebangsaan tetapi simbol kebesaran
Tuhan. Ada perkembangan memahami arti rumah Allah, bukan hanya dalam arti bait
tetapi tembok.
2.10.
Analisa Teks
2.10.1.
Perbandingan
Bahasa
Ayat
27
LAI :
Pentahbisan
Bible :
mangompoi (memasuki rumah baru)
NIV :
dedication (pengabdian)
TM :
ובַחֲנֻכַת (pengabdian)
Keputusan : Yang mendekati TM adalah NIV
Ayat
28
Tidak
ada perbedaan yang signifikan
Ayat
29
Tidak
ada perbedaan yang signifikan
Ayat
30
Tidak
ada perbedaan yang signifikan
Ayat
31
LAI :
Sampah
Bible :
Partangkalan (Pupuk Kandang)
NIV :
Dung (Kotoran)
TM :
הׇאׅשְפת (Kotoran)
Keputusan : Yang mendekati TM adalah NIV
2.10.2.
Kritik
Aparatus
Ayat
27 a: Dalam TM terdapat kata מִכׇל (dari segala). Dalam kritik aparatus, sedikit diambil dari Terjemahan Yunani
“Septuaginta” dan Terjemahan Siria (Pesyitta) בְכל (segala).
Keputusan:
Penafsir
menolak kritik aparatus karena kata yang di berikan tidak memberikan suatu
penjelasan kata sandang yang tepat untuk mengkaitkan kata tempat.
Ayat
27 b: Dalam TM terdapat kata ובְתורות (dengan
mengucap syukur) dalam kritik aparatus, sedikit diambil dari Versiones omnes vel plurimae (semua
terjemahan atau yang terbanyak) ב (pada)
Keputusan:
Penafsir
menolak kritik aparatus karena tidak menjelaskan penjelasan mengenai apa yang
dituju atau pada apa.
Ayat
27 c: Dalam TM terdapat kata ובְכִנרות .(dengan
harpa)Dalam
kritis aparatus diambil sedikit kata dari Terjemahan Yunani “Septuaginta” LXX וְכִנ (dan begitu).
Keputusan:
Penafsir
menolak kritik aparatus karena tidak menjelaskan kalimat sebelumnya.
Ayat 28 a : Dalam
TM terdapat kata בְנִי (anak laki-laki),
dalam kritik aparatus mengusulkan kata לֵוִי (Suku Lewi) dan kata itu juga bisa dilihat pada
kitab Yunani LXX .
Keputusan: Penafsir
menerima kritik aparatus karena memiliki suatu penjelasan makna yang lebih
terperinci mengenai kesiapaan subjek.
Ayat 28 b : Dalam
TM terdapat kata ומִן
(dan dari). Dalam kritik aparatus diambil sedikit dari teks Yunani LXX,
terjemahan Siria (Pesyitta) dan terjemahan Latin Vulgata menjadi מן (dari).
Keputusan: Penafsir
menerima kritik aparatus karena
memiliki makna yang jelas yang penggunaan kata sambung tidak terlalu diperlukan
dalam kalimat.
2.10.3.
Terjemahan
Akhir
·
Ayat
27 : dan pada pengabdian tembok Yerusalem
orang-orang Lewi dipanggil dari segala tempat mereka dan dibawa ke Yerusalem
untuk merayakan pengabdian yang meriah dengan ucapan syukur dan kidung, dengan
ceracap, gambus dan kecapi. (Konteks
Agama, Budaya dan Sosial)
·
Ayat
28 : Maka berkumpullah Suku Lewi kaum penyanyi dari daerah sekitar Yerusalem, dari
desa-desa orang Netofa, (Konteks Budaya
dan Sosial)
·
Ayat
29 :
juga dari Bet-Gilgal, dari wilayah
Geba dan Asmawet, karena para penyanyi itu telah mendirikan desa-desa sekitar
Yerusalem. (Konteks Budaya dan Sosial)
·
Ayat
30 : dan para imam dan orang-orang Lewi mentahirkan
dirinya, lalu mentahirkan seluruh umat itu, dan kemudian pintu-pintu
gerbang dan tembok. (Konteks Agama, Budaya
dan Sosial)
·
Ayat
31 : Lalu aku mempersilakan para pemimpin orang Yehuda
naik ke atas tembok dan kubentuk dua rombongan yang besar dan prosesi. Yang
satu berarak ke kanan di atas tembok ke jurusan pintu gerbang Kotoran. (Konteks Agama, Budaya dan Psikologi)
2.10.4.
Tafsiran
1.
Tafsiran
Konteks Agama (Ayat 27 dan 31)
Pentahbisan
ialah mengkhususkan sesuatu atau seseorang bagi Allah. Pentahbisan adalah awal
dari segala tindakan yang terkait dengan suatu barang atau tempat yang hendak
digunakan. Barang atau tempat tersebut dikuduskan dalam suatu upacara pentahbisan
yang dilakukan oleh para imam. Pentahbisan juga dapat dimaknai sebagai
pernyataan seseorang yang menerima karunia Allah dalam tugas yang diembannya
untuk mengawali karya pelayanan tersebut.[19]
Pada
ayat 27, Untuk pentahbisan tembok kota itu, dikumpulkan orang-orang Lewi
khususnya para pemain musik. Kaum Lewi akan terus menerus melayani di Bait Suci
Israel, memimpin nyanyian dan pujian, dan melayani Tuhan di dalam mewakili
rakyat memberikan korban kepada Tuhan, dan mewakili Tuhan memberkati dan
memberikan firman bagi umat Israel.
Allah
mengangkat dan memilih suku Lewi untuk melakukan suatu peribadatan kepada
Tuhan.[20]
Pentahbisan tembok Yerusalem merupakan kesempatan untuk perayaan yang penuh
dengan sukacita.
Pada
ayat 30, Tugas dari suku Lewi adalah dilantik untuk menyelenggarakan ibadat di
hadapan Allah itu dengan memercikkan air penghapusan dosa kepada mereka, dan
mereka harus menyucikan diri dan mencuci pakaian mereka.[21]
Pada
ayat 31, Nehemia memimpin mereka semua menjadi dua bagian. Dua prosesi besar
yang bergerak dari sudut barat daya tembok lalu mengelilingi kota tersebut,
yang satu dipimpin oleh Ezra dan yang kedua di belakangnya dipimpin oleh
Nehemia.[22]
Nehemia dan Ezra berjalan sesuai dengan searah pergerakan jarum jam.[23]
Tempat pertemuan adalah dalam daerah suci.[24] Kedua
kelompok ini akan memuji Tuhan dan membawa korban persembahan dengan berjalan
mengelilingi tembok hingga berakhir di Bait Suci. Arak-arakan dari dua kelompok
ini akan menyatakan ucapan syukur Israel di seluruh Yerusalem. Mereka
memanjatkan ucapan syukur mereka melalui puji-pujian para imam dan kaum Lewi
atas penyertaan Tuhan sehingga kota Yerusalem boleh kembali dibangun. Tidak ada
bagian tembok kota itu yang tidak dilalui oleh dua kelompok ini. Perayaan,
puji-pujian, serta persembahan korban dilakukan oleh segenap orang Israel pada
hari itu. Mereka meresponi berkat dan anugerah Tuhan atas kota mereka dengan
penuh sukacita.
Sejak
permulaan gereja, kita sudah mengenal tahbisan dalam lingkup jabatan gerejawi.
Salah satu contoh adalah pentahbisan jabatan Pendeta dalam kehidupan bergereja.
Mengawali karya pelayanannya sebagai Pendeta, ada serangkaian prosesi khusus
yang harus dilakukan oleh Gereja, seperti: pujian, doa, penumpangan tangan, dan
lainnya. Prosesi itu menunjukkan bahwa orang tersebut telah menerima karunia
Allah dan Allah telah melayakkannya memangku jabatan gerejawi tersebut. Dibalik
suatu tahbisan yang dilakukan ada rasa bahagia yang mendalam yang dirasakan oleh
orang yang ditahbiskan, dan pastinya suatu pesta ucapan syukur yang sangat
meriah akan diberlangsungkan. Sama seperti bangsa Israel sumber sukacita yang
terbesar di sepanjang segala zaman haruslah bersifat rohani. Persekutuan yang
dekat dan benar dengan Allah hendaklah menjadi sumber kesukacitaan kita.
2.
Tafsiran
Konteks Sosial (Ayat 27, 28, 29, dan 30)
Pada
ayat 27, terdapat suatu kalimat yang mengatakan bahwa dipanggilnya orang-orang
lewi dan dibawa ke Yerusalem dalam
mengadakan suatu acara pengabdian agar semakin meriah. Pada konteks ini
terlihat bagaimana hubungan manusia itu terjalin dengan baiknya ditengah-tengah
bangsa Yerusalem, sehingga dalam memeriahkan suatu pengabdian dilakukan suatu
undangan terhadap orang-orang Lewi. Begitu juga dengan orang-orang Lewi dalam
memeriahkan suatu acara ucapan syukur undangan yang di dapat disambut dengan
baik, orang Lewi membawa kidung dengan ceracap, gambus, dan kecapi. Dalam hal
itu nampaklah dengan jelas bahwa hubungan sosial yang ada sangatlah baik.
Pada
ayat 28, juga memperlihatkan bahwa bukan orang-orang Lewi saja yang diundang
dalam merayakan pentahbisan Tembok Yerusalem. Bahkan desa-desa sekitaran
Yerusalem kaum bangsa penyanyi yakni orang-orang Netofa turut diundang dalam
acara itu.
Begitu
juga pada ayat 29, dari Bet-Gilgal, dari padang Geba dan Asmawet, juga diundang
dalam pentahbisan tembok Yerusalem, dan juga kaum mereka juga ikut serta dalam menambahi tembok
Yerusalem dengan membangun desa-desa sekitar Yerusalem.
Pada
ayat 30, pada bagian itu para Imam dan orang Lewi tidak hanya mentahirkan
dirinya sendiri, sebagai makhluk sosial yang sadar akan arti ibadah itu, ia
mentahirkan orang banyak agar dapat mengikuti acara pentahbisan itu.
Dari
penafsiran diatas, dapat kita lihat bahwa manusia memanglah makhluk sosial yang
membutuhkan orang lain dan mau membantu orang lain. Sepatutnya sebagai gambar
Allah dan umat tembusanNya segala kegiatan kita mencerminkanNya. Suatu perayaan
memuncak sebagai ibadah umat yang bersukacita menyanyi dan menari dengan
iringan bunyi alat musik dan paduan suara yang indah. Sukacita haruslah dinikmati
seluruh umat termasuk anak-anak, hingga menjadi kesaksian yang hidup. Ibadah
itu juga tersiar dan berpengaruh ke tempat-tempat jauh, juga membuat kesukaan
atas Yerusalem.
3.
Tafsiran
Konteks Budaya (ayat 27, 28, 29, 30, 31)
Pada
ayat 27, kebiasaan orang-orang Yerusalem dalam melakukan suatu acara salah
satunya adalah dengan suatu nyanyian yang diiringi dengan gambus, kecapi, dan
ceracap. Alat musik itulah yang membuat suatu acara menjadi meriah. Kecapi adalah
instrumen dengan berbagai panjang dan juga diameter dan tegangan yang berbeda.[25]
Kidung pujian dilantunkan dan diiringi dengan merdunya dengan dipadukannya
ketiga alat musik itu menjadi suatu keharmonisan melodi yang indah sehingga
acara tersebut menambah kenikmatan. Musik akan sangat indah dan tambah semarak
jika dipadukan dengan para penyanyi yang menyanyikan suatu lantunan lagu dengan
notasi yang tepat dan genre yang nikmat.
Pada
ayat 28, suatu nyanyian adat yang mereka kumandangkan adalah suatu kebiasaan
budaya yang dilakukan dalam setiap acara, sehingga dari desa-desa orang Netofa
turut diundang dalam memeriahkan suatu acara pentahbisan tembok Yerusalem.
Suatu kebudayaan bahwa orang Netofa terkenal akan lantunan dan merdu suara.
Dalam memperindah tembok Yerusalem yang dibangun ternyata desa-desa dari
Bet-Gilgal, dari padang Geba dan Asmawet membangun suatu desa-desa di sekitaran
Tembok Yerusalem. Dan dalam budayanya juga orang-orang dari padang Geba dan
Asmawet terkenal dalam lantunan suaranya sehingga diperlukan juga dalam
memeriahkan lantunan nyanyian kidung pujian seperti dalam ayat 29.
Dalam
ayat 30, adalah menjadi suatu kebiasaan dan budaya setiap adanya acara hari
raya atau pentahbisan, bahwa orang Lewi dan para Imam yang memimpin jalannya
acara itu akan mentahirkan dirinya terlebih dahulu, setelah ditahirkan, mereka
akan mentahirkan setiap orang yang berada disekitar itu, dengan itu setiap
orang yang berada di sekitar itu dapat mengikuti acara pentahbisan dan
melantunkan suatu pujian dan ucapan syukur kepada Tuhan. Sudah menjadi suatu
kebiasaan bahwa untuk mengembalikan manusia dari sifat yang dianggap jorok
dengan cara mentahirkannya terlebih dahulu agar mereka dapat mengikuti ritual
terlebih dahulu. Para orang Lewi menugaskan agar membersihkan tempat kuil
selama masa kebangunan rohani. Pemurnian ritual maksudnya untuk mengajarkan
kesucian Tuhan dan kemurnian moral.[26]
Upacara pentahiran mencakup berpuasa, mempersembahkan kurban, mandi, dan
kemudian, memakai pakaian yang telah dicuci dan bersih, tidak melakukan
hubungan seksual dalam jangka waktu tertentu, dan memerciki pintu gerbang dan
tembok dengan darah hewan kurban.[27]
Pada
ayat 31 pastinya sudah tidak asing lagi di ketahui, sudah menjadi kebudayaan
bagi setiap daerah bahwa yang memiliki jabatan yang paling tinggi akan diberi
tempat istimewa. Begitu juga dengan hal ini, para pemimpin acara pentahbisan
itu diberi tempat untuk naik ke tempat yang tinggi yaitu diatas tembok
Yerusalem dalam memimpin keberlangsungan acara.
Begitu
juga dalam hal ini, budaya adalah suatu kebiasaan yang dilakukan oleh beberapa
daerah dengan kebiasaan yang berbeda tiap daerahnya. Dalam suatu acara/ pesta
pastinya selalu mengundang hal yang membuat acara itu agar meriah seperti musik
kontemporer yang akan memeriahkan suatu acara dan juga pastinya akan didampingi
dengan song leader/ biduan suara yang handal dan berpengalaman yang menambah
semarak suatu acara dan perayaan. Tari-tarian budaya yang dilakukan juga
merupakan suatu kebiasaan yang mendasar yang dilakukan setiap kali ada perayaan
besar. Dalam hal pentahbisan yang biasa seperti pentahbisan Pendeta pasti ada
yang memimpin acara pentahbisan itu seperti dalam gereja GKPI pentahbisan Pendeta
akan dipimpin oleh jabatan yang tertinggi yaitu Bishop, yang akan menyerahkan
terlebih dahulu dirinya kepada Tuhan agar dipimpin dengan kuasa Roh Kudus agar
dalam pentahbisan, Bishop dipenuhi dengan Roh Kudus sama seperti halnya dengan
para Imam dan orang Lewi yang terlebih dahulu mentahirkan diri mereka. Dalam
pentahbisan Pendeta, Bishop berada di Altar Gereja berdiri di atas dan memimpin
suatu acara pentahbisan itu.
Suatu
kebudayaan sangatlah penting, namun jika kebudayaan itu bukan untuk memuliakan
nama Tuhan atau bahkan hanya sekedar memuaskan hasrat tanpa memikirkan bahwa
setiap bahagia dan sukacita yang dirasakan semuanya berasal dari Tuhan itu
adalah hal yang sangat sia-sia. Ekspresi sukacita ibadah lahir dari ucapan
syukur umat yang mengingat kebaikan Tuhan. Alangkah indahnya jika dari ekspresi
hidup kita dalam mengucap syukur kepada Tuhan dapat menyadarkan orang lain
siapa Tuhan kita melalui pola pikir, cara respon, dan tingkah laku kita
sehingga yang melihat mengetahui apa karakterNya dan bagaimana Dia berelasi
dengan UmatNya.
4.
Konteks
Psikologi (Ayat 31)
Pada
ayat 31, terdapat kata “Lalu aku mempersilakan para pemimpin orang Yehuda naik
ke atas”, secara tersendirinya manusia yang diberikan suatu hak yang lebih
istimewa pastinya akan merasakan suatu hal yang amat bangga dan bahagia. Seorang
pemimpin pastinya akan memiliki hak lebih istimewa dibanding yang lain, tentu
hal itu akan memiliki rasa bangga tersendiri yang meningkatkan kejiwaan bahagia
dalam diri kita.
III.
Refleksi
Teologis
Jika
melihat dengan lebih cermat dan lebih jelas, ada dua hal yang menjadi sumber sukacita bagi bangsa Israel pada masa
itu. Umat Allah telah berhasil membangun kembali tembok Yerusalem setelah dari
usaha seberapa lama umat Allah dengan Ezra dan Nehemia dalam menunggu pembangunan
tembok Yerusalem. Nehemia memimpin umat Allah membangun tembok Yerusalem hanya
selama 52 hari. Hasil yang tampak mata ini tidak hanya memuliakan Allah pemilik
kota Yerusalem, namun juga mengangkat harkat dan martabat Israel sebagai sebuah
bangsa. Mereka tidak lagi disepelekan dan dihina oleh bangsa-bangsa tetangga,
mereka yang menyadari bahwa keberhasilan Israel adalah karena bantuan Allah.
Dalam hidup di dunia sekarang ini, keberhasilan dinilai hanya dari materi atau
berapa banyak kekayaan yang nampak pada kita saat ini. Kesombongan manusia
sering jatuh karena kekayaan yang mereka dapatkan sehingga mampu untuk
merendahkan harkat dan martabat sesamanya manusia. Kita memang berhak
bersukacita atas materi. Namun, yang lebih penting adalah hendaknya kita tetap
mengakui Allah sebagai sumber keberhasilan dan mempersembahkan setiap
keberhasilan kita kepada-Nya.
Keberhasilan
materi yang kita dapatkan hendaknya tidak hanya membuat mata orang lain terbuka
akan kesuksesan kita dalam dunia, namun haruslah kita dapat memberikan
kesaksian tentang iman kita kepada orang lain karena segala yang kita peroleh
dan kita rasakan adalah tidak lain dan tidak bukan adalah berasal dari
pada-Nya. Kepemimpinan Nehemia patutlah kita tiru, Nehemia dengan senantiasa
berjuang dan bertekun dalam doa dalam pelaksanaan pembangunan tembok Yerusalem,
hingga pada akhirnya selama 94 tahun Yerusalem tidak memiliki tembok pelindung dan
sudah lama menantikan keberhasilan pembangunan tembok Yerusalem akhirnya sudah
nyata terjadi yang dipimpin oleh Nehemia. Pentahbisan tembok Yerusalem
menunjukkan suatu keberhasilan yang sukacita terhadap bangsa Yerusalem dan
sekitarnya. Begitu juga kepada kita berjuang dan bertekunlah dalam doa hingga Tuhan mengabulkan permintaan doa kita
dan mencapai suatu keberhasilan yang menimbulkan sukacita yang luar biasa.
Pembangunan ini juga tidak hanya dalam pembangunan Gereja seperti halnya tembok
Yerusalem, namun yang paling penting adalah pembangunan iman percaya kita
kepada Yesus Tuhan haruslah semakin kuat dan kokoh. Keterlibatan gereja dalam
percepatan pembangunan fisik justru dapat meningkatkan pertumbuhan iman dan rohani
umat.
IV.
Kesimpulan
Metode penafsiran llmu-ilmu murni adalah metode
penafsiran yang melihat konteks yang terjadi pada masa itu
menjelaskan tentang sesuatu hal yang menyangkut kehidupan pada masa kini. Di bawah kepemimpinan Nehemia umat
Israel menyelesaikan pekerjaan mereka hanya dalam waktu 52 hari setelah
telantar seama 94 tahun sejak kepulangan pertama dipimpin oleh Zerubabael.
Dengan iman yang taat mereka mampu mengatasi berbagai tantangan yang semula
tampaknya tidak mungkin. Hal ini sangatlah dapat dilihat dengan menggunakan
metode tafsir Ilmu Murni yang menjelaskan melalui konteks-konteks apa yang
terjadi pada peristiwa pentahbisan tembok Yerusalem.
V.
Daftar
Pustaka
A
Sitompul, A., Metode Penafsiran Alkitab, Jakarta:
BPK- Gunung Mulia, 2004
Barker
and John Kohlenberger III, Kenneth L., NIV
Bible Commentary: Volume 1: Old Testament, USA: International Bible
Society, 1994
Bergant,
Diane, Tafsir Alkitab Perjanjian Lama,
Yogyakarta: Kanisius, 2002
Blommendal,
Pengantar Kepada Perjanjian Lama, Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 1999
Browning,
W. R. F. , Kamus Alkitab, Jakarta:
BPK Gunung Mulia, 2015
Bruce,
F. F., NIV BIBLE COMMENTARY Volume 1: Old
Testament, London: Edinbrugh, 1956
Hessegrave, David J., Kontekstualisasi Makna Metode dan Model, Jakarta: BPK-GM, 2006
Jetron
Saragih, Agus, Kitab Ilahi, Tanjung
Sari Medan: Penerbit Bina Media Perintis, 2016
L.
Baker, F., Sejarah Kerajaan Allah 1
Perjanjian Lama, Jakarta: BPK GM, 1990
LAI,
Alkitab Edisi Studi, Jakarta: Lembaga
Alkitab Indonesia, 2012
LAI,
Kitab Penuntun Hidup Berkelimpahan, Malang: Gandum Mas, 2013
Lukas,
Adi. S., Smart Book Of Christianity
Perjanjian Lama, Yogyakarta: Andi Offset, 2015
S.
Lasor, W., Pengantar Perjanjian Lama 1, Jakarta:
BPK-GM, 2015
Sidlow
Baxter, J., Menggali Isi Alkitab, Yayasan
Bomunikasi Bina Kasih
Thompson, J.A., Tafsiran Alkitab Masa Kini 1 Kejadian-Ester, Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2012
Wilkinson
& Kenneth Boa, Bruce, Talk Thru The Bible,Thomas Nelson Incorporated, 2005
[2] David J. Hessegrave,
Kontekstualisasi Makna Metode dan Model, (Jakarta:
BPK-GM, 2006), 52
[16] Bruce
Wilkinson & Kenneth Boa, Talk Thru The Bible,( Thomas Nelson Incorporated, 2005),
171-172
[18] Agus Jetron Saragih, Kitab
Ilahi, (Tanjung Sari Medan: Penerbit Bina Media Perintis, 2016), 114
[22] J.A. Thompson, Tafsiran Alkitab Masa Kini 1 Kejadian-Ester,
(Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2012), 668
[23] Kenneth L.
Barker and John Kohlenberger III, NIV
Bible Commentary: Volume 1: Old Testament, (USA: International Bible
Society, 1994), 722
[24] J.A. Thompson, Tafsiran Alkitab Masa Kini 1 Kejadian-Ester,
(Jakarta: Yayasan Komunikasi Bina Kasih, 2012), 669
[25] F. F.
Bruce, NIV BIBLE COMMENTARY Volume 1: Old
Testament, (London: Edinbrugh, 1956), 722
Komentar
Posting Komentar